Kamis, Juni 18, 2009

TPN/OPM Berulah di Pedalaman Mamberamo Papua

TPN/OPM Berulah di Pedalaman Mamberamo Papua
By Republika
Aug 19, 2005, 08:51

Sarmi, Kelompok warga sipil bersenjata (KSB) yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) kembali berulah di beberapa kampung di tepian Sungai Mamberamo, Kabupaten Sarmi, Papua.

Sumber dari Sarmi, Kamis melaporkan, KSB TPN/OPM pimpinan Hanz Yoweni yang selama ini berkeliaran di pedalaman Mamberamo antara Kabupaten Sarmi, Jayapura dan Kabupaten Waropen sepekan ini menyerang aparat keamanan yang bertugas di daerah itu. Aparat keamanan gabungan TNI/Polri telah dikerahkan turun ke lokasi TPN/OPM bergolak. Namun belum diterima informasi jumlah korban aparat keamanan, warga sipil maupun korban dari KSB sendiri.

Kekuatan TPN/OPM pimpinan Hanz Yoweni dan Y.Sas.Makabori sekitar 70 orang menggunakan beberapa pucuk senjata jenis M-16 hasil rampokan TNI serta anak panah, dan senjata peninggalan Belanda. Situasi umum wilayah Mamberamo kondusif. Wilayah yang termasuk dalam kawasan sungai Mamberamo yaitu Distrik Mamberamo Hilir, Mamberamo Hulu dan Mamberamo Tengah.

Ketiga distrik tersebut hanya bisa dicapai dengan menggunakan perahu motor dan speedboat sehari penuh dari Sarmi, ibukota Kabupaten Sarmi.Aparat keamanan pertengahan Mei lalu menangkap tiga anggota TPN/OPM pimpinan Makabori di Kampung Wakde, Distrik Pantai Timur. Ketiga pelaku dijemput dengan helikopter TNI-AD dari Lapter Sarmi dan kini pelaku ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura, Kota Jayapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar